Untuk menjalankan bisnis tidak boleh sembarangan. Diperlukan pengetahuan yang memadai terkait usaha beserta aktivitas yang ada di dalamnya, salah satunya adalah persoalan laporan keuangan. Keuangan merupakan unsur terpenting di dalam bisnis. Karena ini yang menjadi penentu usaha akan berkembang atau sebaliknya. Atas dasar itu, untuk membangun bisnis dari awal dibutuhkan operator keuangan yang bagus.

  Sayangnya tidak semua orang mengetahui pengertian laporan tersebut. Bahkan seorang operator keuangan pun sulit mendefinisikan fungsi laporan finansial bagi perusahaan. Akibatnya pembuatan laporan ala kadarnya saja dan tidak tepat.

Pengertian Laporan Keuangan

 

Laporan keuangan adalah berkas yang berisi data transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Yang mana berkas tersebut harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sebagai pembahasan evaluasi untuk perkembangan usaha ke depan.

Laporan Keuangan memiliki tujuan seperti berikut :

  1. Memberikan informasi keuangan untuk menentukan & memprediksi aliran kas, saldo neraca, & kebutuhan sumber daya finansial jangka pendek unit pemerintah.
  2. Memberikan informasi keuangan untuk menentukan & memprediksi kondisi ekonomi suatu unit pemerintahan & perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya.
  3. Memberikan informasi keuangan untuk memonitor kinerja, kesesuaiannya dengan peraturan perundangan, kontrak yang telah disepakati, & ketentuan lain yang disyaratkan.
  4. Memberikan informasi untuk perencanaan & penganggaran, serta untuk memprediksi pengaruh akuisisi & alokasi sumber daya terhadap pencapaian tujuan operasional.
  5. Memberikan informasi untuk mengevaluasi kinerja manajerial & organisasional:
    • Untuk menentukan biaya program, fungsi, & aktivitas sehingga memudahkan analisis & melakukan perbandingan dengan kriteria yang telah ditetapkan, membandingkan dengan kinerja periode sebelumnya, & dengan kinerja unit pemerintah lain.
    • Untuk mengevaluasi tingkat ekonomi & efisiensi operasi, program, aktivitas, & fungsi tertentu di unit pemerintah.
    • Untuk mengevaluasi hasil suatu program, aktivitas, & fungsi, serta efektivitas terhadap pencapaian tujuan & target.
    • Untuk mengevaluasi tingkat pemerataan & keadilan.

     Laporan keuangan bisa dianalogikan sebagai raport untuk bisnis Anda. Didalam sana berisi seluruh data terkait keuangan bisnis secara menyeluruh sehingga Anda bisa mengetahui kesehatan keuangan bisnis Anda dengan baik. Seluruh laporan ini pun bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih matang, dikarenakan Anda bisa melakukan improvisasi berdasarkan data faktual pada laporan tersebut.

     Jika Anda menggunakan pembukuan manual, mungkin membuat seluruh laporan keuangan tersebut akan sedikit merepotkan dan memakan waktu, terlebih jika Anda harus mengerjakan semua itu sendiri dan bisnis Anda memiliki banyak transaksi. Tentu akan banyak waktu yang akan terbuang dan akan memperbesar resiko pencatatan kesalahan.

     Untuk memudahkan pencatatan pembukuan dan meminimalisir kesalahan penginputan data, Anda bisa menggunakan jasa kami yang dapat mempermudah membuat laporan keuangan perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *